Tipe-Tipe Diagram UML(Unified Modeling Language)

Use Case Diagram

            Use case diagram adalah teknik menangkap kebutuhan-kebutuhan fungsional dari sistem baru atau sistem yang diubah. Setiap use case terdiri dari saru atau lebih skenario yang menerangkan bagaimana sistem berinteraksi dengan pengguna atau sistem yang lain untuk mencapai suatu sasaran bisnis tertentu. Dalam teknik ini tidak diterangkan cara kerja sistem secara internal maupun implementasinya. Yang ditunjukkan adalah langkah-langkah yang dilakukan pengguna dalam menggunakan perangkat lunak.

            Ada dua jenis use case yaitu diagram use case dan naratif use case. Diagram use case menggambarkan secara grafis hubungan aktor dan satu atau lebih use case, dilambangkan dengan notasi gambar orang, anak panah, dan bentuk elips.

Naratif use case berdasarkan formatnya dibagi menjadi tiga jenis yaitu ringkas atau brief, kasual atau casual, dan lengkap atau fully dressed. Pemilihan format tersebut disesuaikan dengan peruntukannya. Gambaran lengkap yang berisi langkah-langkah interaksi antara aktor dan sistem dituangkan dalam naratif use case dengan format lengkap. Bentuk penampilannya bisa berbeda-beda namun mengandung komponen-komponen yang sama.

Class Diagram

Class diagram adalah visual dari struktur sistem program pada jenis-jenis yang di bentuk. Class diagram merupakan alur jalannya database pada sebuah sistem. Class diagram merupakan penjelasan proses database dalam suatu program. Dalam sebuah laporan sistem maka class diagram ini wajib ada.

Adapun beberapa manfaat menggunakan class diagram antara lain:

1.     Menjelaskan suatu model data untuk program informasi, tidak peduli apakah model data tersebut sederhana maupun kompleks.

2.     Dengan menguasai class diagram maka akan meningkatkan pemahaman mengenai gambaran umum skema dari suatu program.

3.     Mampu menyatakan secara visual akan kebutuhan spesifik suatu informasi serta dapat berbagi informasi tersebut ke seluruh bisnis.

4.     Dengan Class Diagram dapat dibuat bagan secara terperinci dan jelas, dengan cara memperhatikan kode spesifik apa saja yang dibutuhkan oleh program. Hal ini mampu mengimplementasikan ke struktur yang dijelaskan.

5.     Class Diagram mampu memberikan  penjelasan implementasi-independen dari suatu jenis program yang digunakan, kemudian dilewatkan diantara berbagai komponennya.

Object Diagram

Object Diagram adalah diagram menghasilkan gambaran struktur model sebuah sistem, dalam kurun waktu tertentu yang betujuan untuk menangkap gambaran statis dari sistem pada saat tertentu. Diagram objek yang berasal dari class diagram, sehingga object diagram tergantung pada class diagram.

Object diagram dipakai untuk mengambarkan bagaimana sistem akan terlihat seperti pada waktu tertentu. Karena ada data yang tersedia di object diagram sering dipakai untuk menjelaskan hubungan yang kompleks antara objek.

Komponen Object diagram antara lain:

1. Instance Specification

Instance specification merupakan elemen yang mewakili sebuah contoh dalam sistem yang di modelkan. 

2. Link

Link merupakan hubungan konseptual antar object. 

3. Asosiation

Asosiation ialah elemen yang mewakili sebuah contoh dalam sistem yang di modelkan. 

4. Port

Port merupakan titik interaksi antara komponen serta lingkungan. 

5. Generalization

Generalization merupakan suatu cara yang sangat berdaya berfungsi untuk berbagai apa yang dimiliki suatu kelas atau objek bagi kelas-kelas atau objek-objek yang lain. 

6. Dependency

Dependency merupakan relasi yang menunjukan bahwa perubahan pada salah satu elemen memberi pengaruh pada elemen lain.

Communication Diagram

            Communication Diagram adalah suatu diagram yang mengambarkan struktur interaksi yang terdapat disekitar objek (seperti halnya sequence diagram) dan hubungannya terhadap yang lainnya. Communication Diagram lebih mengedepankan peran setiap objek dan bukan pada waktu pengiriman pesan.

Tujuan Communication Diagram adalah  sebagai model pesan melalui antar peran atau objek yang mengirimkan operasi penggunaan dan fungsionalitas kasus, sebagai mekanisme model dalam desain arsitektur system, menangkap interaksi yang mengarahkan pesan yang dilewati antar peran dan objek dalam skenario kolaborasi, sebagai model skenario alternatif dalam kasus pemakaian atau operasi yang melibatkan kolaborasi dari berbagai interaksi dan objek,  dan mendukung pengidentifikasian objek (sebab kelas), atributnya (parameter pesan), dan operasi (pesan) yang ikut serta dalam use case.

Simbol Communication Diagram antara lain:

1. Objek

Objek adalah instance dari sebuah kelas  yang tersusun secara horizontal. Digambarkan sebagai sebuah kelas (kotak) dengan nama objek didalamnya yang diawali dengan sebuah titik koma (;).

2. Actor

Actor juga dapat berhubungan dengan objek , maka actor juga dapat diurutkan sebagai kolom. Simbolnya sama pada Actor Use Case Diagram.

3. Message

Message digambarkan dengan anak panah yang mengarah antar obyek dan diberi label urutan nomor yang mengindikasikan urutan komunikasi yang terjadi antar obyek, seperti yang sudah digambarkan dan dijelaskan di atas.

Sequence Diagram

            Sequence Diagram adalah salah satu dari diagram - diagram yang ada pada UML yang menggambarkan kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Kegunaannya untuk menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi antara object.

            Komponen-komponen dari Sequence diagram yaitu:

·       Object - adalah komponen berbentuk kotak yang mewakili sebuah class atau object. Mereka mendemonstrasikan bagaimana sebuah object berperilaku pada sebuah system.

·       Activation boxes - adalah komponen yang berbentuk persegi panjang yang menggambarkan waktu yang diperlukan sebuah object untuk menyelesaikan tugas. Lebih lama waktu yang diperlukan, maka activation boxes akan lebih panjang.

·       Actors - adalah komponen yang berbentuk stick figure. Komponen yang mewakili seorang pengguna yang berinteraksi dengan system.

·       Lifeline - adalah komponen yang berbentuk garis putus - putus. Lifeline biasanya memuat kotak yang berisi nama dari sebuah object. Berfungsi menggambarkan aktifitas dari object.

State Machine Diagram

            State machine diagram adalah diagram yang menggambarkan perubahan dan transisi keadaan (dari satu status ke status lainnya) sebuah objek pada program sebagai akibat dari stimulan yang diterima. State machine diagram berfungsi untuk memodelkan metode/behavior (lifecycle) sebuah kelas atau objek menunjukkan urutan kejadian sesaat (status) yang dilewati sebuah objek, transisi dari sebuah status ke status lainnya.

            Pada diagram ini, perilaku program (sistem) ditunjukkan. Sebuah status ialah kondisi selama hidup objek atau interaksi selama memenuhi suatu kondisi, menjalankan suatu aksi, atau menunggu suatu kejadian.

Activity Diagram

            Activity diagram adalah diagramyang menggambarkan macam-macam alir aktifitas yang akan dirancang dalam sebuah sistem dengan masing-masing alir memiliki awal, decision yang mungkin terjadi pada sistem, dan akhir dalam sistem tersebut. Activity diagram pada dasarnya memiliki struktur yang hampir mirip dengan flowchart atau diagram alir dalam perancangan sistem secara terstruktur yang dibuat berdasarkan sebuah use case atau beberapa use case dalam use case diagram.

            Simbol-simbol dari activity diagram yaitu:


Composite Structure Diagram

Composite Structure Diagram adalah diagram yang menggambarkan struktur internal dari pengklasifikasi terstruktur dengan menggunakan bagian, pelabuhan, dan konektor.

Composite Structure Diagram digunakan untuk menunjukkan rincian internal penggolongan dan untuk menggambarkan objek dan peran yang bekerja sama untuk melakukan perilaku yang mengandung penggolongan. Sebuah Composite Structure Diagram mirip dengan class diagram, tetapi menggambarkan bagian-bagian individu, bukan seluruh kelas.

Simbol-simbol Composite Structure Diagram yaitu:

1. Property 

Property adalah satu set dari suatu instance.

2. Connector 

Connector adalah cara komunikasi dari 2 buah instance.

3. Port

Port adalah cara yang digunakan dalam diagram composite structure tanpa menampilkan detail internal dari suatu sistem.

4. Class

Jika yang akan dijabarkan strukturnya adalah sebuah kelas.

Deployment Diagram 

Deployment Diagram adalah salah satu model diagram dalam UML untuk mengerahkan artefak dalam node. Deployment diagram digunakan untuk memvisualisasikan hubungan antara software dan hardware. Secara spesifik deployment diagram dapat membuat physical model tentang bagaimana komponen perangkat lunak (artefak) digunakan pada komponen perangkat keras, yang dikenal sebagai node. Ini adalah salah satu diagram paling penting dalam tingkat implementasi perangkat lunak dan ditulis sebelum melakukan coding.

Simbol-simbol Deployment Diagram yaitu: 


Penyederhanaan dari implementasi Deployment diagram yaitu untuk:

·       Nodes (application server and database server)
Contoh: Komputer/PDA, laptop, handphone, serta peralatan komunikasi data (router, hub, switch, modem)

·       Artifacts (application client and database schema)
Artefak merupakan spesifikasi dari bentuk informasi fisik yang digunakan atau dihasilkan. Selain itu, artefak dapat dihubungkan dengan komponen pada component diagram dan hanya digambarkan dalam sebuah node
Contoh: source file, script, executable file, table di database, document word/excel, e-mail, dan lain-lain.








Referensi

 

[1] Use Case Diagram:                    Artina, N. (2006). Penerapan Analisis Kebutuhan Metode Use Case pada Metode Pengembangan Terstruktur. ALGORITMA: Jurnal Ilmiah STMIK GI MDP. vol. 2, no. 2, pp. 3.


[2] Class Diagram:                          Ansori. 2020. "Pengertian Class Diagram : Fungsi, Simbol, dan Contohnya". https://www.ansoriweb.com/2020/03/pengertian-class-diagram.html, diakses pada 9 September 2020, pukul 20.36.

[3] Object Diagram:                         Ansori. 2020. "Pengertian Object Diagram : Fungsi, Komponen, dan Contohnya". https://www.ansoriweb.com/2020/04/pengertian-object-diagram.html, diakses pada 9 September 2020, pukul 21.05.


[4] Communication Diagram:          Ansori. 2020. "Pengertian Communication Diagram: Tujuan, Simbol, dan Contohnya". https://www.ansoriweb.com/2020/04/pengertian-communication-diagram.html, diakses pada 9 September 2020, pukul 21.22.


[5] Sequence Diagram                     R. P., Aditya. 2019. "Belajar UML - Sequence Diagram". https://www.codepolitan.com/belajar-uml-sequence-diagram-57fdb1a5ba777-17044#:~:text=Sequence%20Diagram%20adalah%20salah%20satu,kolaborasi%20dinamis%20antara%20sejumlah%20object.&text=Pesan%20antar%20object%20digambarkan%20dengan,ke%20object%20yang%20menerima%20pesan, diakses pada 9 September 2020, pukul 21.40.


[6] State Machine Diagram:            Ansori. 2020. "Pengertian State Machine Diagram : Simbol dan Contohnya". https://www.ansoriweb.com/2020/04/pengertian-statemachine-diagram.html, diakses pada 9 September 2020, pukul 22.12.


[7] Activity Diagram:                       Ahaddin, Fachrul. 2015. "Apa Itu Activity Diagram". https://www.dumetschool.com/blog/Apa-Itu-Activity-Diagram, diakses pada 9 september 2020, pukul 22.27.


[8] Composite Structure Diagram:  Ansori. 2020. "Pengertian Composite Structure Diagram : Simbol dan Contohnya". https://www.ansoriweb.com/2020/04/pengertian-composite-structure-diagram.html#:~:text=Composite%20Structure%20Diagram%20adalah%20diagram,%2C%20komponen%2C%20atau%20penempatan%20node, diakses pada 9 September 2020, pukul 22.43.

 

[9] Deployment Diagram:                Anisa, Nur. 2020 "Perbedaan Deployment Diagram dan Component Diagram". https://sis.binus.ac.id/2020/04/20/perbedaan-deployment-diagram-dan-component-diagram/#:~:text=Deployment%20Diagram%20adalah%20salah%20satu,hubungan%20antara%20software%20dan%20hardware.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Buku "Algoritma Dan Pemograman Dalam Bahasa Pascal, C, dan C++" Karya Rinaldi Munir, Leony Lidya

Software Development Process Models

Perbedaan Antara HDD dan SSD