Tipe-Tipe Diagram UML(Unified Modeling Language)
Use Case Diagram
Use
case diagram adalah teknik menangkap kebutuhan-kebutuhan fungsional dari
sistem baru atau sistem yang diubah. Setiap use case terdiri dari saru
atau lebih skenario yang menerangkan bagaimana sistem berinteraksi dengan pengguna
atau sistem yang lain untuk mencapai suatu sasaran bisnis tertentu. Dalam
teknik ini tidak diterangkan cara kerja sistem secara internal maupun
implementasinya. Yang ditunjukkan adalah langkah-langkah yang dilakukan
pengguna dalam menggunakan perangkat lunak.
Ada dua jenis use case yaitu diagram use case dan naratif use case. Diagram use case menggambarkan secara grafis hubungan aktor dan satu atau lebih use case, dilambangkan dengan notasi gambar orang, anak panah, dan bentuk elips.
Naratif use case berdasarkan
formatnya dibagi menjadi tiga jenis yaitu ringkas atau brief, kasual
atau casual, dan lengkap atau fully dressed. Pemilihan format
tersebut disesuaikan dengan peruntukannya. Gambaran lengkap yang berisi
langkah-langkah interaksi antara aktor dan sistem dituangkan dalam naratif
use case dengan format lengkap. Bentuk penampilannya bisa berbeda-beda
namun mengandung komponen-komponen yang sama.
Class Diagram
Class diagram
adalah visual dari struktur sistem program pada jenis-jenis yang di bentuk. Class
diagram merupakan alur jalannya database pada sebuah sistem. Class
diagram merupakan penjelasan proses database dalam suatu program. Dalam
sebuah laporan sistem maka class diagram ini wajib ada.
Adapun beberapa
manfaat menggunakan class diagram antara lain:
1.
Menjelaskan suatu model data untuk program
informasi, tidak peduli apakah model data tersebut sederhana maupun kompleks.
2.
Dengan menguasai class diagram maka akan
meningkatkan pemahaman mengenai gambaran umum skema dari suatu program.
3.
Mampu menyatakan secara visual akan kebutuhan
spesifik suatu informasi serta dapat berbagi informasi tersebut ke seluruh
bisnis.
4.
Dengan Class Diagram dapat dibuat bagan secara
terperinci dan jelas, dengan cara memperhatikan kode spesifik apa saja yang
dibutuhkan oleh program. Hal ini mampu mengimplementasikan ke struktur yang
dijelaskan.
5. Class Diagram mampu memberikan penjelasan implementasi-independen dari suatu jenis program yang digunakan, kemudian dilewatkan diantara berbagai komponennya.
Object Diagram
Object
Diagram adalah diagram menghasilkan gambaran struktur model sebuah sistem,
dalam kurun waktu tertentu yang betujuan untuk menangkap gambaran statis dari
sistem pada saat tertentu. Diagram objek yang berasal dari class diagram,
sehingga object diagram tergantung pada class diagram.
Object
diagram dipakai untuk mengambarkan bagaimana sistem akan terlihat seperti
pada waktu tertentu. Karena ada data yang tersedia di object diagram sering
dipakai untuk menjelaskan hubungan yang kompleks antara objek.
Komponen Object
diagram antara lain:
1. Instance Specification
Instance specification merupakan elemen yang mewakili sebuah contoh dalam sistem yang di modelkan.
2. Link
Link merupakan hubungan konseptual antar object.
3.
Asosiation
Asosiation ialah elemen yang mewakili sebuah contoh dalam sistem yang di modelkan.
4.
Port
Port merupakan titik interaksi antara komponen serta lingkungan.
5. Generalization
Generalization merupakan suatu cara yang sangat berdaya berfungsi untuk berbagai apa yang dimiliki suatu kelas atau objek bagi kelas-kelas atau objek-objek yang lain.
6.
Dependency
Dependency merupakan relasi yang
menunjukan bahwa perubahan pada salah satu elemen memberi pengaruh pada elemen
lain.
Communication Diagram
Communication
Diagram adalah suatu diagram yang mengambarkan struktur interaksi yang
terdapat disekitar objek (seperti halnya sequence diagram) dan hubungannya
terhadap yang lainnya. Communication Diagram lebih mengedepankan peran
setiap objek dan bukan pada waktu pengiriman pesan.
Tujuan Communication Diagram adalah
sebagai model pesan melalui
antar peran atau objek yang mengirimkan operasi penggunaan dan
fungsionalitas kasus, sebagai mekanisme model dalam desain arsitektur system, menangkap
interaksi yang mengarahkan pesan yang dilewati antar peran dan objek dalam
skenario kolaborasi, sebagai model skenario alternatif dalam kasus pemakaian
atau operasi yang melibatkan kolaborasi dari berbagai interaksi dan objek,
dan mendukung pengidentifikasian objek
(sebab kelas), atributnya (parameter pesan), dan operasi (pesan) yang ikut
serta dalam use case.
Simbol
Communication Diagram antara lain:
1. Objek
Objek adalah instance dari sebuah kelas yang tersusun secara horizontal. Digambarkan sebagai sebuah kelas (kotak) dengan nama objek didalamnya yang diawali dengan sebuah titik koma (;).
2. Actor
Actor juga dapat berhubungan dengan objek , maka actor juga dapat diurutkan sebagai kolom. Simbolnya sama pada Actor Use Case Diagram.
3. Message
Message digambarkan dengan anak panah yang mengarah
antar obyek dan diberi label urutan nomor yang mengindikasikan urutan
komunikasi yang terjadi antar obyek, seperti yang sudah digambarkan dan
dijelaskan di atas.
Sequence Diagram
Sequence
Diagram adalah salah satu dari diagram - diagram yang ada pada UML yang
menggambarkan kolaborasi dinamis antara sejumlah object. Kegunaannya
untuk menunjukkan rangkaian pesan yang dikirim antara object juga interaksi
antara object.
Komponen-komponen
dari Sequence diagram yaitu:
· Object - adalah komponen berbentuk kotak yang
mewakili sebuah class atau object. Mereka mendemonstrasikan bagaimana sebuah
object berperilaku pada sebuah system.
·
Activation boxes - adalah komponen yang
berbentuk persegi panjang yang menggambarkan waktu yang diperlukan sebuah
object untuk menyelesaikan tugas. Lebih lama waktu yang diperlukan, maka
activation boxes akan lebih panjang.
·
Actors - adalah komponen yang berbentuk stick
figure. Komponen yang mewakili seorang pengguna yang berinteraksi dengan
system.
·
Lifeline - adalah komponen yang berbentuk garis
putus - putus. Lifeline biasanya memuat kotak yang berisi nama dari sebuah
object. Berfungsi menggambarkan aktifitas dari object.
State Machine Diagram
State
machine diagram adalah diagram yang menggambarkan perubahan dan transisi
keadaan (dari satu status ke status lainnya) sebuah objek pada program sebagai
akibat dari stimulan yang diterima. State machine diagram berfungsi untuk
memodelkan metode/behavior (lifecycle) sebuah kelas atau objek menunjukkan
urutan kejadian sesaat (status) yang dilewati sebuah objek, transisi dari
sebuah status ke status lainnya.
Pada
diagram ini, perilaku program (sistem) ditunjukkan. Sebuah status ialah kondisi
selama hidup objek atau interaksi selama memenuhi suatu kondisi, menjalankan
suatu aksi, atau menunggu suatu kejadian.
Activity Diagram
Activity
diagram adalah diagramyang menggambarkan macam-macam alir aktifitas yang
akan dirancang dalam sebuah sistem dengan masing-masing alir memiliki awal,
decision yang mungkin terjadi pada sistem, dan akhir dalam sistem tersebut.
Activity diagram pada dasarnya memiliki struktur yang hampir mirip dengan
flowchart atau diagram alir dalam perancangan sistem secara terstruktur yang
dibuat berdasarkan sebuah use case atau beberapa use case dalam use case
diagram.
Simbol-simbol
dari activity diagram yaitu:
Composite Structure Diagram
Composite
Structure Diagram adalah diagram yang menggambarkan struktur internal dari
pengklasifikasi terstruktur dengan menggunakan bagian, pelabuhan, dan konektor.
Composite
Structure Diagram digunakan untuk menunjukkan rincian internal penggolongan
dan untuk menggambarkan objek dan peran yang bekerja sama untuk melakukan
perilaku yang mengandung penggolongan. Sebuah Composite Structure Diagram
mirip dengan class diagram, tetapi menggambarkan bagian-bagian individu, bukan
seluruh kelas.
Simbol-simbol Composite
Structure Diagram yaitu:
1. Property
Property adalah satu set dari suatu instance.
2. Connector
Connector adalah cara komunikasi dari 2 buah instance.
3. Port
Port adalah cara yang digunakan dalam diagram composite structure tanpa menampilkan detail internal dari suatu sistem.
4. Class
Jika yang akan dijabarkan strukturnya
adalah sebuah kelas.
Deployment Diagram
Deployment Diagram
adalah salah satu model diagram dalam UML untuk mengerahkan artefak dalam node.
Deployment diagram digunakan untuk memvisualisasikan hubungan antara software
dan hardware. Secara spesifik deployment diagram dapat membuat physical model
tentang bagaimana komponen perangkat lunak (artefak) digunakan pada komponen
perangkat keras, yang dikenal sebagai node. Ini adalah salah satu diagram
paling penting dalam tingkat implementasi perangkat lunak dan ditulis sebelum
melakukan coding.
Simbol-simbol Deployment Diagram
yaitu:
Penyederhanaan
dari implementasi Deployment diagram yaitu untuk:
· Nodes (application server and database server)
Contoh: Komputer/PDA, laptop, handphone, serta peralatan komunikasi
data (router, hub, switch, modem)
· Artifacts (application client and database schema)
Artefak merupakan spesifikasi dari bentuk informasi fisik yang
digunakan atau dihasilkan. Selain itu, artefak dapat dihubungkan dengan
komponen pada component diagram dan hanya digambarkan dalam sebuah node
Contoh: source file, script, executable file, table di database, document
word/excel, e-mail, dan lain-lain.
Referensi
[1] Use Case Diagram: Artina, N. (2006).
Penerapan Analisis Kebutuhan Metode Use Case pada Metode Pengembangan
Terstruktur. ALGORITMA: Jurnal Ilmiah STMIK GI MDP. vol. 2, no. 2, pp.
3.
[2] Class Diagram: Ansori. 2020.
"Pengertian Class Diagram : Fungsi, Simbol, dan Contohnya".
https://www.ansoriweb.com/2020/03/pengertian-class-diagram.html, diakses pada 9
September 2020, pukul 20.36.
[3] Object Diagram: Ansori. 2020.
"Pengertian Object Diagram : Fungsi, Komponen, dan Contohnya".
https://www.ansoriweb.com/2020/04/pengertian-object-diagram.html, diakses pada
9 September 2020, pukul 21.05.
[4] Communication
Diagram: Ansori. 2020.
"Pengertian Communication Diagram: Tujuan, Simbol, dan Contohnya".
https://www.ansoriweb.com/2020/04/pengertian-communication-diagram.html,
diakses pada 9 September 2020, pukul 21.22.
[5] Sequence Diagram R. P., Aditya. 2019.
"Belajar UML - Sequence Diagram".
https://www.codepolitan.com/belajar-uml-sequence-diagram-57fdb1a5ba777-17044#:~:text=Sequence%20Diagram%20adalah%20salah%20satu,kolaborasi%20dinamis%20antara%20sejumlah%20object.&text=Pesan%20antar%20object%20digambarkan%20dengan,ke%20object%20yang%20menerima%20pesan,
diakses pada 9 September 2020, pukul 21.40.
[6] State Machine
Diagram: Ansori. 2020.
"Pengertian State Machine Diagram : Simbol dan Contohnya".
https://www.ansoriweb.com/2020/04/pengertian-statemachine-diagram.html, diakses
pada 9 September 2020, pukul 22.12.
[7] Activity Diagram: Ahaddin, Fachrul. 2015.
"Apa Itu Activity Diagram". https://www.dumetschool.com/blog/Apa-Itu-Activity-Diagram,
diakses pada 9 september 2020, pukul 22.27.
[8] Composite
Structure Diagram: Ansori. 2020.
"Pengertian Composite Structure Diagram : Simbol dan Contohnya".
https://www.ansoriweb.com/2020/04/pengertian-composite-structure-diagram.html#:~:text=Composite%20Structure%20Diagram%20adalah%20diagram,%2C%20komponen%2C%20atau%20penempatan%20node,
diakses pada 9 September 2020, pukul 22.43.
[9] Deployment
Diagram: Anisa, Nur.
2020 "Perbedaan Deployment Diagram dan Component Diagram". https://sis.binus.ac.id/2020/04/20/perbedaan-deployment-diagram-dan-component-diagram/#:~:text=Deployment%20Diagram%20adalah%20salah%20satu,hubungan%20antara%20software%20dan%20hardware.
Komentar
Posting Komentar