Peran GAME ENGINE dalam Pengembangan Sebuah Game

Bab I Pendahuluan

1.1  Latar Belakang

Game digital merupakan sebuah perwujudan dari hiburan yang telah berubah bentuk seiring teknologi yang turut andil dan berkembang merambah ke dalam berbagai aspek kehidupan manusia, tak terkecuali bidang hiburan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat ini, memunculkan berbagai Game digital yang tentunya lebih baik dari segi manapun dari waktu ke waktu. Tak dapat dipungkiri industri Game digital telah membuka persaingan bisnis baru dekade ini karena memang peluang pasar yang sangat menjanjikan. Industri ini telah berkembang lebih luas dan menghasilkan berbagai macam produk apapun yang berkaitan dengan Game dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.
Industri game tidak hanya berkutat dalam game apa yang akan dihasilkan, namun juga dalam hal apa yang dapat mempermudah produksi game tersebut menjadi lebih efisien dari segi biaya dan waktu tentunya. game engine muncul di tengah industri hiburan ini sedang berkembang pesat. Para developer, sebutan untuk lembaga, individu, atau kelompok pembuat Game, menjadi pihak yang paling diuntungkan dari kehadiran game engine ini. Game engine memberikan keleluasaan penuh serta kemudahan untuk para pengembang dalam membuat game dari segi manapun, namun tentu mereka masih meperhatikan kebutuhan dan keinginan pasar.
Perlu diketahui, banyak game engine bermunculan saat ini dengan berbagai fitur dan karakteristik tertentu yang membuat game engine ini dapat digunakan tak hanya oleh pihak pengembang sebesar perusahaan saja. Orang awam pun dapat mencobanya agar menghasilkan game digital yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Namun tentu hasil antara individu dengan pengembang sebesar perusahaan tidak akan sebanding dari segi manapun.
Masih banyak orang yang tidak mengetahui seberapa penting game engine dalam proses pengembangan game yang sedang dibuat, mereka cenderung menunggu produk  yang sudah jadi lalu menikmatinya begitu saja. Game engine memegang peranan penting dalam produksi game digital dari sisi manapun, pengembang sebagai pihak pertama mendapatkan keleluasaan penuh atas bagaimana game yang sedang dibuat ini menjadi sebuah produk jadi dan game engine disini memegang peranan yang sangat penting.
Apa salah jika orang awam ingin mengetahui lebih mengenai game dan bagaimana cara membuatnya? Tentu saja tidak. Ada berbagai game engine yang sangat cocok dan sesuai untuk digunakan oleh orang awam yang sebelumnya tidak mengetahui apa apa soal pengembangan sebuah game. Dengan hanya membutuhkan jaringan internet dan perangkat seperti PC atau laptop, siapapun bisa membuat game digital dengan game engine yang memang diperuntukkan untuk mereka. Tentu kemudahan ini harus bisa dimanfaatkan agar produksi suatu game bisa lebih bervariasi dan tentunya bisa menyasar berbagai pasar mulai dari pasar ekslusif sampai pasar umum.

1.2  Rumusan Masalah

a.     Apa yang dimaksud dengan game engine?
b.     Apa saja game engine yang cocok untuk digunakan oleh pemula/orang awam?
c.     Bagaimana peran game engine dalam pengembangan suatu game?

1.3  Tujuan Pembahasan 

a.     Memahami apa itu game engine
b.     Mengetahui game engine apa saja yang cocok digunakan untuk pemula/orang awam
c.     Memahami peran game engine dalam sebuah pengembangan suatu game

Bab II Pembahasan

2.1 Pengertian Game Engine

            Game engine merupakan sebuah perangkat lunak yang khusus digunakan dalam proses pembuatan dan pengembangan game agar lebih cepat dan efisien. Game engine berperan sebagai alat dan penyedia konsep apa saja yang ada dalam game, lalu selanjutnya membangun sebuah sketsa yang merupakan awal dari terciptanya suatu game. Game engine adalah kerangka kerja untuk pengembangan game yang mendukung dan menyatukan asset-aset yang dibutuhkan dalam game. kita dapat mengimpor seni dan aset, 2D dan 3D, dari perangkat lunak lain.
Fungsi dasar dari sebuah game engine yaitu rendering baik 2D maupun 3D (bisa salah satu atau bisa keduanya), physics engine, pengatur audio, scripting, pengatur dan penampilan animasi, networking dan streaming data, pengaturan memori, dan pengaturan grafis. Setiap game engine memiliki fitur dan karakteristik tertentu. ada yang perlu memerlukan sedikit keahlian coding, namun ada juga game engine yang hanya membutuhkan kreativitas kita saja untuk membuat sebuah game.
Game engine digunakan secara eksklusif oleh para perusahaan pengembang game yang bertujuan membuat game dengan efisiensi biaya dan waktu yang baik untuk memenuhi target pasar mereka sendiri. Karena tujuan utama mereka menggunakan game engine ini adalah untuk mengembangkan aplikasi game sekaligus mengurangi biaya, kompleksitas, dan distribusi pasar. Semua faktor tersebut penting dalam industri game yang sangat kompetitif.

2.2 Game Engine yang Cocok Digunakan Untuk Orang Awam

            2.2.1 Construct 2 Engine

Construct 2 Logo
Logo Construct 2
            Game engine dari pengembang Scirra, merupakan salah satu game engine yang tidak memerlukan proses coding sehingga sangat memudahkan orang awam yang asing dengan pemograman untuk mengoperasikan game engine ini dengan mudah. Selain itu, engine ini memiliki system drag and drop yang juga memudahkan pengguna dalam pengembangan game mereka. Metode utama pemrograman permainan dan aplikasi dalam game engine ini merupakan melalui 'lembar acara', yang mirip dengan file sumber yang digunakan dalam bahasa pemrograman. Namun Construct 2 ini hanya berfokus pada pengembangan game 2D saja. Tapi taka da salahnya untuk dicoba terlebih dahulu, merupakan sebuah keputusan tepat untuk membuat dan mempelajari game dari awal.

Interface Construct 2
Interface Construct 2


2.2.2 Unity Engine

Logo Unity Engine
Logo Unity Engine

            Sebuah game engine yang mendukung pengembangan game 2D maupun 3D dengan interface yang cukup nyaman dan dapat mudah dimengerti. Game ini membutuhkan sedikit keahlian coding dalam hal pengoperasiannya, tapi jangan jadikan itu sebagai hambatan. Unity dikenal menjadi game engine yang telah melahirkan berbagai game yang popular. Game engine ini pun mendukung beberapa bahasa pengembangan aplikasi seperti C#, UnityScript (berbentuk JavaScript), dan BooScript yang dapat terintegrasi dengan bahasa Python. Namun dari ketiga bahasa tersebut biasanya pengembang aplikasi banyak yang menggunakan C#, dan UnityScript karena keduanya lebih familiar digunakan. Beberapa game terkenal yang telah menggunakan Unity ini adalah Dead Trigger, Bad Piggies, Temple Run 2, Three Kingdom Online, DreadOut, Galactic Rush, Roly Poly Penguin, Eyes On Dragon, dan masih banyak lagi.
Interface Unity
Interface Unity


2.2.3 GameSalad

Logo GameSalad
Logo GameSalad
Sama seperti Construct, game engine ini tidak memerlukan kemampuan coding sama sekali. Merupakan game engine yang menargetkan pengguna yang belum memiliki pengalaman memprogram serta menggunakan sistem drag-and-drop. Salah satu fitur favorit pengguna GameSalad adalah monetization-nya. Fitur ini membolehkan kita sebagai pengembang game untuk memaksimalkan pendapatan melalui game baik menggunakan iklan maupun In-App PurchaseGame yang kita buat dengan GameSalad dapat dirilis ke iOS, Android, Tizen, Mac, Windows 8, dan Web (HTML5). GameSalad menyediakan versi gratis untuk pengguna biasa dan PRO untuk $299 per tahun.

Interface GameSalad
Interface GameSalad

2.3 Peran Game Engine dalam Pengembangan Suatu Game

            Untuk para pengembang game, game engine memegang sebuah peranan penting dalam pengembangan game agar game yang dihasilkan sesuai keinginan dan ekspetasi pengembang. Game engine berperan dalam efisiensi produksi, dalam hal biaya aset-aset yang digunakan meliputi asset audio, visual, dan lain-lain. Game engine juga berperan dalam efisiensi waktu, proses pembuatan tanpa game engine akan membutuhkan waktu yang lebih lama karena pengembang akan benar-benar membuat game dari nol tanpa konsep dan alat yang telah ada.
Game engine berfungsi sebagai lingkungan yang telah menyediakan konsep dan algoritma tertentu yang disediakan khusus untuk merancang game sesuai dari apa yang diinginkan sang pembuat. Lebih jelasnya, peran game engine dalam pengembangan suatu game ialah merupakan alat dari kreativitas kita dan bagaimana cara kita menyusun konsep dan mengoperasikannya agar menghasilkan game yang diinginkan.

Bab III Penutup

3.1 Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa game engine merupakan sebuah perangkat lunak yang khusus digunakan dalam proses pembuatan dan pengembangan game agar lebih cepat dan efisien. Game engine yang cocok digunakan untuk orang awam yaitu Construct 2, Unity, dan GameSalad. Dalam pengembangan suatu gamegame engine berperan penting dalam efisiensi aset, biaya, dan waktu sehingga dapat menghasilkan game yang sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Buku "Algoritma Dan Pemograman Dalam Bahasa Pascal, C, dan C++" Karya Rinaldi Munir, Leony Lidya

Software Development Process Models

Perbedaan Antara HDD dan SSD